STRES apa kamu?


Pernah stres?
Manusia yang sudah mampu berfikir pasti pernah merasakan stres, dimana stres akan memberikan rasa tertekan dan ketegangan serta banyak pikiran dalam dirinya. Tetapi tidak semua stres buruk, bahkan ada yang cenderung berkinerja lebih baik ketika kita berada di bawah tekanan stres yang singkat.
Hanya saja stres berkepanjangan terutama ketika penderita merasa atau percaya bahwa mereka tidak memiliki kontrol akan cenderung menjadi lingkaran setan yang memakan dirinya sendiri, semakin meningkat stres yang dirasakannya. Tubuh kita selalu bekerja menuju ketenangan psikologis atau homeostasis.


Tiga macam bentuk stres?

Eustress
Jenis stres yang positif. Saat mengalami eustress seseorang akan lebih produktif dan banyak melakukan hal positif. Karena sumber stres jenis ini akan memotivasi seseorang untuk mencapai target yang ingin diraih hingga ia meraih hal tersebut, hingga akhirnya banyak orang yang menilai bahwa eustress merupakan stres yang menyenangkan. Sama halnya dengan stres yang lain, eustress bekerja dengan cara meningkatkan kewaspadaan pada sistem saraf pusat, yang akan membuat orang tersebut menjadi lebih waspada dan sadar. 
Cara untuk mengaplikasikan eustress dalam kehidupan sehari-hari: keluar dari zona nyaman; mencoba hal baru; ingatlah tujuan di masa depan.

Distress
Merupakan stres yang bersifat negatif, seseorang akan merasa kesulitan terhadap suatu hal, yang akhirnya berdampak pada kesehatan mentalnya. Distress sendiri dapat dibagi menjadi 2, yaitu stres akut dan stres kronis. Stres akut dapat muncul dan hilang dalam waktu singkat dan sering muncul. Sementara stres kronis adalah stres yang membutuhkan waktu yang lama untuk disembuhkan. 
Dampak dari distress: Mudah lelah dan lesu; Emosional dan lebih sensitif; Jam tidur yang tidak teratur; Merasa bersalah dan mudah putus asa; Hingga akhirnya kinerja menurun.

Neustress
Stres yang berada diantara eustress dan distress, yang tidak memberikan dampak apa pun untuk tubuh, sehingga terkadang seseorang tidak menyadari bahwa mereka tengah mengalami neustress. Hal ini disebabkan karena suatu hal yang dapat memicu stres tidak berdampak langsung terhadap kehidupannya.

Semua jenis stres dapat diredakan dengan perubahan pola hidup yang lebih baik melalui olahraga, meditasi dan menghubungi dokter hingga terapis jika telah merasa stres tersebut tidak dapat dikontrol.
https://www.stressmanagement.co.uk/news/2010/mar/types-of-stress,-distress,-eustress-and-neustress.html 



Komentar

Postingan Populer